PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

  • Nur Wahyu Rochmadi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Keywords: bahan ajar, karakter, berbasis, masalah

Abstract

Tuntutan terhadap kualitas sumber daya manusia di era pandemi global, tidak hanya sekedar cerdas,
berpengetahuan. dan terampil, tetapi juga harus berkarakter baik. Oleh karena itu pembangunan,
penguatan dan pengembangan karakter yang baik bagi warga negara Indonesia mutlak harus
dilakukan secara sistematis. Dengan demikian, sistem pendidikan Indonesia harus mengedepankan
aspek pengetahuan, keterampilan dan karakter secara integrated dan berkesinambungan sebagai
ukuran keberhasilan. Permasalahannya bagaimana dengan pendidikan karakter, yang hingga kini
masih menjadi “wacana dialog” terutama tentang model pembelajaran, bahan ajar serta sistem
penilaiannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam
pendidikan karakter, yang dikembangkan berbasis masalah serta penggunaannya dalam
pembelajaran beserta sintaksnya. Penelitian dilakukan dengan rancangan pengembangan, namun
hanya sampai pada tahapan pengembangan produk dan sintaks penggunaannya dalam pembelajaran
serta validasinya. Produknya berupa bahan ajar berbasis masalah dalam pendidikan karakter dan
penggunaannya dalam pembelajaran beserta sintaks. Produk pengembangan divalidasi kepraktisan
penggunaanya oleh guru dalam kegiatan pendidikan karakter. Hasil pengembangan sebagai temuan
penelitian: (1) wujud bahan ajar berbasis masalah dalam pendidikan karakter berupa gambar dan
cerita tentang perilaku manusia dalam memperoleh pendapatan di beberapa tempat di dunia; (2)
bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan dapat dipergunakan pada saat apersepsi
(pendahuluan) maupun pada kegiatan inti dalam pembelajaran, dengan sintaks yang berbeda sesuai
dengan tujuan pembelajaran; dan (3) guru memiliki peran aktif dalam pengembangan maupun
penggunaan bahan ajar berbasis masalah. Berdasarkan hasil pengembangan tersebut disampaikan
saran sebagai rekomendasi, perlu dilakukan upaya peningkatan kompetensi guru dalam
mengembangkan bahan ajar berbasis masalah dan mempraktekkannya dalam pembelajaran

Published
2020-10-06