PEMBELAJARAN EMANSIPATORIS BAGI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS LITERASI DIGITAL DI ERA MERDEKA BELAJAR

  • Rr Nanik Setyowati Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Emansipatoris, Mahasiswa, PT, Berbasis Literasi Digital, Era Merdeka Belajar

Abstract

Mendikbud pada tahun 2020 mempunyai ide dengan merdeka belajar kampus merdeka yang
mempunyai tujuan mewujudkan tujuan dari UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Untuk
itu diperlukan pembaharuan paradigma pembelajaran yang bersifat emasipatoris. Pembelajaran
emansipatoris yaitu suatu model pendidikan yang memfokuskan diri pada aktivitas mahasiswa
(student centered) sehingga mahasiswa diberi ruang yang luas untuk bereksplorasi, menemukan
pengalaman baru dan berpikir kritis dalam menemukan dan memecahkan masalah yang ditemuinya
dalam sebuah pembelajaran holistik dan bermakna. Pendidikan emansipatoris berbasis literasi digital
adalah pendidikan yang merdeka, tidak mengekang dan tidak hanya sekedar belajar tentang
membaca, menulis atau pun berhitung semata. Jika mahasiswa mempunyai kemampuan berliterasi
digital maka akan akan mempunyai kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut dapat dilihat dari
bagaimana proses literasi digital itu berlangsung. Ketika seseorang berliterasi digital, maka ia akan
masuk ke dalam dunia global melalui penggunaan internet dan menemukan informasi serta
pengetahuan baru. Secara tidak langsung, ia akan menggunakan proses berpikirnya dan mencari tahu
peristiwa apa yang sedang terjadi, mengapa hal tersebut bisa terjadi dan apa dampak dari peristiwa
yang sedang terjadi. Pada akhirnya mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa akan mempunyai
karakter yang mandiri, disiplin dan bertanggung jawab yang semakin menguat. Melalui
pembelajaran emansipatoris berbabsis literasi digital diharapkan akan menguatkan pendidikan
karakter pada diri mahasiswa. Yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan
bernegara.

Published
2020-10-05