INTEGRASI PENDIDIKAN LIFE SKILL DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGUATKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

  • Erika Maulita Zuliyawati SD Islam Terpadu At-Taqwa 2 Surabaya
  • Ani Setiya Agustin SD Sampoerna Academy Surabaya
  • Galih Majesty Erawan SD Laboratorium Unesa Surabaya
Keywords: Life Skill, Pembelajaran Matematika, Karakter

Abstract

Pembelajaran jarak jauh sebagai dampak wabah Covid-19 mengubah fokus pendidikan di Indonesia.
Penyelenggaraan pendidikan saat ini berfokus pada kecakapan hidup (life skill) yang terkait dengan
pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran yang dapat
dirancang oleh guru dengan mengintegrasikan pendidikan life skill dan pembelajaran matematika
untuk menguatkan pendidikan karakter di era merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah studi pustaka. Hasilnya, pendidikan life skill di sekolah dasar dapat
diintegrasikan dengan mata pelajaran Matematika. Aktivitas sederhana untuk mengembangkan life
skill yang dapat diajarkan kepada siswa sekolah dasar adalah menyapu. Melalui aktivitas tersebut,
terdapat konsep Matematika yang dapat dipelajari oleh siswa sekaligus terdapat kemampuan yang
dapat dikembangkan oleh siswa. Konsep Matematika yang dipelajari yaitu jenis-jenis bangun datar,
konsep luas bangun datar, dan pengukuran bangun datar dengan satuan tidak baku. Selain itu,
kemampuan siswa yang dapat dikembangkan adalah kemampuan spasial. Integrasi pendidikan life
skill dengan pembelajaran Matematika dapat menguatkan karakter siswa, di antaranya karakter
tanggung jawab, peduli, dan mandiri.

Published
2020-10-05