ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PROGRAM SEKOLAH MODEL KUALITA PENDIDIKAN INDONESIA (KPI)

  • Yuni Istikhah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: kualitas layanan, sekolah model

Abstract

Kualitas layanan sebuah lembaga menjadi tujuan besar daru Kualita Pendidikan Indonesia.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya tingkat kepuasan karakteristik responden terhadap kualitas pelayanan program dan Untuk mengetahui besarnya tingkat kinerja atributatribut pra-program, pelaksanaan program, Sekolah dan pasca program. tingkat kepuasan karakteristik responden terhadap kualitas pelayanan program sekolah model Kualita Pendidikan Indonesia yaitu bahwa tidak ada responden yang merasa tidak puas dengan program sekolah model KPI. 60% dari total responden menyatakan bahwa responden sangat puas dengan program sekolah model KPI, sedangkan 40% sisanya menyatakan puas. Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui besarnya tingkat kinerja atribut-atribut pra-program, pelaksanaan program, Sekolah model Kualita Pendidikan Indonesia dan pasca program, yaitu harapan dan kenyataan pada atribut Pra Program dapat diketahui bahwa program yang ditawarkan oleh program sekolah model KPI secara jelas dan observasi awal pemetaan akurat, merupakan prioritas rendah di mata responden. Kemudahan berkomunikasi juga bukan sesuatu yang diprioritaskan oleh responden atau sekolah/lembaga. Sekolah/Lembaga lebih memprioritaskan program yang ditawarkan oleh program sekolah model KPI secara beragam. Pada pelaksanaan program responden atau sekolah/lembaga telah merasa cukup puas dengan supervisor yang cakap, trainer yang profesional, komunikasi yang dibangun oleh KPI.Pada atribut pasca program terdapat 8 butir pertanyaan yang digunakan untuk melihat bagaimana GAP antara harapan dan kenyataan sekolah/lembaga terhadap dampak pasca program. menunjukkan bahwa responden atau sekolah/lembaga telah cukup puas pada atribut pasca program.

Published
2019-12-13