PERUBAHAN KARAKTER SISWA SETELAH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

  • Muchammad Niki Bagus Wahyune Sukma Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Renny Rachmatya Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Karakter Siswa, Orang Tua, Pembelajaran Daring

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengembangan karakter yang terbentuk pada siswa sekolah dasar.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengembangan karakter siswa sekolah dasar dalam
penerapan pembelajaran selama menggunakan daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis peran siswa, guru, dan orang tua sebagai pengawas dalam mengembangkan karakter
siswa guna mendasari untuk mencapai kompetensi sumber daya manusia yang unggul. Penelitian ini
dilakukan dengan metode deskriptif yang membandingkan aspek yang berkaitan dengan topik
penelitian dan diperkuat dengan pembahasan pada penelitian sebelumnya. Hasil penelitian
menunjukkan karakter siswa sekolah dasar yang terbetuk setelah pembelajaran daring perlu
dilakukan secara masif dan disiplin agar dapat mencapai tujuan pembelajaran terutama dalam
membangun karakter dan sikap siswa yang baik secara berkelanjutan. Pengembangan karakter dan
sikap siswa sekolah dasar harus dilakukan beriiringan dalam waktu tertentu. Kedua proses ini
membutuhkan pembiasaan untuk menjadikan siswa sekolah dasar memiliki tanggung jawab terhadap
dirinya sendiri dalam belajarnya. Peningkatan kompetensi siswa dapat dilakukan dengan
menyediakan proses transfer pengetahuan antar guru ke siswa, siswa ke siswa, maupun orang tua
yang mengawasi siswa. Kunci kesuksesan berasal dari komitmen maupun komunikasi.

Published
2020-10-05