STUDI LITERATUR MENGENAI KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN DALAM LINGKUP INDUSTRI DAN ORGANISASI DI ERA GENERASI MILENIAL

  • Alfira Tara R. Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Felisca Novitria Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kepemimpinan, karakteristik, generasi milenial

Abstract

Untuk menjadi seorang pemimpin di era revolusi industri 4.0 dengan sebagian besar karyawan yang
berasal dari generasi milenial merupakan sebuah tantangan, terlebih jika pemimpin juga berasal dari
generasi yang sama. Dukungan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga telah
mengalihkan banyak pekerjaan secara digital. Dengan banyaknya generasi muda di Indonesia yang
memiliki karakteristik yang khas dan potensi besar terhadap perubahan, maka kepemimpinan yang
muncul pun harus menyesuaikan dengan keadaan saat ini. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan
untuk menjelaskan karakteristik kepemimpinan, kemampuan yang harus dimiliki oleh pemimpin
ini, dan bagaimana mengembangkan figur pemimpin yang sesuai dengan kebutuhan
organisasi/perusahaan di era generasi milenial sekarang dengan menggunakan metode penelitian
studi literatur. Hasil telaah literatur menunjukkan bahwa pemimpin milenial harus memiliki digital
mindset, cepat beradaptasi, senantiasa mengamati lingkungan sekitar, pemikiran yang terbuka,
berani untuk berubah, dan pantang menyerah. Gaya kepemimpinan yang efektif diterapkan di era
generasi milenial adalah gaya kepemimpinan transformasional dan etis. Dengan gaya
kepemimpinan ini berdampak positif pada perkembangan motivasi dan performa karyawan. Untuk
mengembangkan seseorang menjadi pemimpin milenial yang baik, diperlukan identifikasi terhadap
karyawan yang berpotensi tinggi, menyesuaikan pengembangan dengan gaya belajar milenial, tidak
terbatas pada pembelajaran dan segera mempromosikan generasi milenial pada peran
kepemimpinan lebih cepat.

Published
2020-10-05