MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN JASMANI SEBAGAI MATA PELAJARAN PENGEMBANGAN KARAKTER

  • Advendi Kristiyandaru Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
  • Kolektus Oky Ristanto Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: PJOK, karater, peserta didik

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan jasmani menurut Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 adalah
meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di
dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan serta mengembangkan sikap sportif, jujur,
disiplin, bertanggung jawab, kerja sama, percaya diri dan demokratis. Hal ini menjadi dasar bahwa
mata pelajaran PJOK ini memiliki peranan yang sangat penting dalan perkembangan proses belajar
peserta didik. Guru pendidikan jasmani harus mampu menjadi agen transformasi bagi peserta didik
baik dalam pembelajaran maupun di luar jam mengajar. Selain menyampaikan materi sesuai dengan
kurikulum, guru juga dituntut untuk meningkatkan pentingnya literasi fisik bagi peserta didik.
Konsep merdeka belajar dapat menjadi pemicu bagi peserta didik untuk mengembangkan karakter
melalui aktivitas jasmani yang muncul dalam pembelajaran PJOK maupun di rumah. Peserta didik
dapat memilih aktivitas fisik yang akan dilakukan sesuai dengan kegemarannya, sesuai arahan
penerapan literasi fisik yang diberikan oleh guru, salah satunya dengan memberikan contoh
permainan tradisional kepada peserta didik

Published
2020-10-05