ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR

  • Riza Yonisa Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Albrian Fiki Prakoso Universitas Negeri Surabaya
  • Yoyok Soesatyo Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pembelajaran berbasis masalah, peta konsep, hasil belajar

Abstract

Sebagai pendidik sebuah keniscayaan bila mengalami permasalahan dalam pembelajaran. Berbagai metode maupun model pembelajaran telah diformulaskan untuk mengatasi permasalah dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran problem based learning dan metode mind mapping yang mana rancang untuk peserta didik agar materi yang rumit dapat terselesaikan dengan mudah dan dapat di ingat secara berkelanjutan bukan hanya sekedar sesaat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penelitian yang terkait dengan pembelajaran proble based learning dan mind mapping. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan metode mind mapping membuat peserat didik menjadi sukar belajar dan mendapatkan hasil belajar yang meningkat.

Published
2019-12-13