EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL TEMATIK BERBASIS INTEGRASI ISLAM DAN SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Ummu Khairiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Silviana Nur Faizah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: efektifitas, modul tematik, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan modul tematik berbasis integrasy islam dan sians terhadap rata-rata nilai pretest dan posttest mata pelajaran tematik pada tema 7 Sub tema 2 perubahan energy setelah menggunakan modul tematik berbasis integrase islam dan sains. Modul Pembelajaran tematik berbasis integrasi islam dan sains merupakan bahan ajar yang dibuat secara sistematis, menarik dan terintegrasi dengan al-qur’an yang memuat materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Penelitian menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design tipe One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada 21 siswa kelas III MI Salafiyah Kutukan Blora. Uji paired t-test dilakukan untuk menguji hipotesis, diperoleh hasil bahwa nilai thitung = 8,615 > ttabel = 2,085, jadi dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya Modul Tematik Berbasis Integrasy Islam dan sains efektif dalam meningkatkan hasil belajar kogniti siswa pada tema Energi dan Perubahannya

Published
2019-12-13