MENINGKATKAN KEMAMPUAN MINDS-ON SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK KELAS IV DI MI ISLAMIYAH DINOYO TERDEPAN LAMONGAN

  • Musa’adatul Fithriyah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Metode talking stick, Mids-on, Bangun Ruang

Abstract

Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas belajar siswa yaitu dengan penggunaan metode pembelajaran. Penggunana metode dalam pembelajaran sebagai salah satu cara untuk tercapainya tujuan yang diharapkan secara maksimal. Talking Stick termasuk salah satu metode pembelajaran yang penerapannya dengan bantuan tongkat, aturan mainnya setelah siswa mempelajari materi pokok guru memberikan tongkat secara bergilir dan bagi yang memegang tongkat maka wajib menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Metode Talking Stick sangat cocok digunakan pada pembelajaran tingkat SD/MI, karena dapat melatih kemapuan kognitif dan psikomotor anak, selain itu dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penggunaan metode talking stick pada pembelajaran materi bangun ruang siswa Kelas IV di MI Islamiah Dinoyo Terdepan Lamongan (2) Mengetahui peningkatan kemampuan minds-on siswa materi bangun ruang kelas IV di MI Islamiah Dinoyo Terdepan Lamongan setelah penggunaan metode talking stick. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, pengukuran tes dan dokumentasi.

Published
2019-12-13