EFEKTIVITAS MEDIA MINIDIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

  • Silviana Nur Faizah Universitas Negeri Surabaya
  • Ummu Khairiyah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Efektifitas, Minidiorama, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-test Post-test Design untuk mengetahui efektifitas media minidiorama terhadap hasil belajar pada Tema Cita-citaku subtema hebatnya cita-citaku siswa Kelas IV MI Salafiyah Kutukan Blora yang berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan media minidiorama (post-test)= 81 > 39 = rata-rata hasil belajari sebelum menggunakan media minidiorama (pretest). Selanjutnya untuk menguji hipotesis pada penelitian dilakukan uji analisis paired samples test berbantuan SPSS 25. Hipotesis tersebut akan diuji dengan kriteria Sign. < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha yang diajukan diterima yaitu media minidiorama efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada tema cita-citaku subtema hebatnya cita-citaku di Kelas IV MI Salafiyah Kutukan Blora.

Published
2019-12-13