SELF REGULATION DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSIRAS NEGERI SURABAYA

  • Nadia Rucita Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Priatna Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Self Regulation,Pengembangan diri, Mahasiswa.

Abstract

Mahasiswa diangap berhasil dalam mencapai tujuannya saat self regulation berjalan dengan baik. Berjalan dengan baiknya self regulation dilihat dari bagaimana individu memandang kondisi lingkungan sosial yang ada di sekitar. Semakin individu menganggap kondisi lingkungannya berperan postif, maka self regulationnya akan berjalan dengan positif, begitu pula dengan sebaliknya. Dalam pengembangan diri, terdapat 4 faktor yang menjadi pendukung salah satunya adalah mengenali diri sendiri. Dikatakan mengenal diri sendiri jika individu mampu mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Saat individu mampu mengenali dirinya maka individu tersebut mampu menentukan bagaimana atau apa yang dibutuhkan. Maka individu dikatakan berhasil mengembangkan diri saat individu tersebut mampu memandang positif kondisi lingkungan sosialnya dan mengenal dengan baik diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana self regulation berperan dalam pengembangan diri khususnya pada mahasiswa.

Published
2019-12-13