PENGARUH MUSIK KLASIK MOZART TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNESA

  • Hayen Mareta Universitas Negeri Surabaya
  • Yani Maya Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: musik klasik, konsentrasi belajar, mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik klasik mozart terhadap konsentrasi belajar pada mahasiswa Psikologi UNESA. Metode pengumpulan data menggunakan quasi experiment dan desain penelitian Static Group Design, dengan membagi partisipan kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa musik klasik Mozart Wolfgang Symphony 40 G Minor tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsentrasi pada mahasiswa Psikologi UNESA dengan hasil uji t-test independen sample diperoleh nilai signifikan sebesar 0,250 yang lebih besar dari 0,05 (0.025 > 0.05).

Published
2019-12-13