PENDIDIKAN NON FORMAL BERBASIS SEKOLAH ALAM SEBAGAI PONDASI KARAKTER ANAK DEMI MENYONGSONG REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Achmad Sahron Universitas Negeri Surabaya
  • Damar Prakoso Universitas Negeri Surabaya
Keywords: revolusi industri 4.0, sekolah alam, karakter.

Abstract

Revolusi industri 4.0 yang menuntut manusia untuk membuat kecerdasan buatan guna mempermudah manusia dalam menjalani hidup mereka. Tjandrawinata dalam Ghifron (2016) mengungkapkan contoh pengaplikasian dari revolusi industri 4.0 adalah penggunaan tenaga robot untuk melakukan atau menggantikan tenaga manusia sehingga lebih murah dan efisien. Kesiapan dan persiapan dalam menanggapi perubahan ini sangat diperlukan, khususnya terhadap anak yang masih mempunyai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Dalam hal ini sekolah alam diharap mampu untuk mepersiapkan anak dalam menyongsong revolusi industri 4.0. karena pada sekolah alam anak akan dibentuk pondasi dasar sebagai bekal dalam menyongsong serta beradaptasi terhadap revolusi industri 4.0. karena revolusi industri 4.0 menuntut setiap manusia mempunyai karakter serta sikap yang lebih kreatif, inovatif, mampu beradaptasi dan berinteraksi secara cepat, serta wajib mempunyai kestabilan emosi yang baik. Penguatan karakter anak bertujuan agar anak dapat merasakan dampak positif dan lebih mampu braktualisasi diri, bukan malah terpelosok ke pengaruh negatif.

Published
2019-12-13