PENGARUH TAYANGAN HUMOR TERHADAP TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNESA

  • Mia Tri Anggraini Universitas Negeri Surabaya
  • Budhiningthiyas Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Tayangan Humor, Tingkat Stres, Mahasiswa.

Abstract

Seorang mahasiswa yang memiliki segudang aktivitas dan mengalami kesulitan dalam mengelola waktu antara aktivitas perkuliahan, organisasi dan masalah kehidupannya dapat mengalami stres. Maka dari itu seorang mahasiswa perlu suatu cara untuk menghilangkan rasa stres yang dialami, salah satu caranya yaitu dengan melihat tayangan humor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat stres pada mahasiswa baru Psikologi, Universitas Negeri Surabaya antara sebelum dan sesudah tayangan humor diberikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah one group pre and post test design, yakni desain eksperimen yang hanya menggunakan satu kelompok subjek serta melakukan pengukuran sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pada subjek (Latipun, 2011). Populasi dalam penelitian ini adalah 7 mahasiswa jurusan Psikologi angkatan 2018 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala stres DASS (Depression Anxiety Stress Scale) dari tokoh Lovibond & Lovibond (1995). Hasil dari penellitian ini adalah tidak adanya pengaruh pada tayangan humor terhadap stres pada mahasiswa hal ini dapat dibuktikan melalui Uji-t berpasangan dengan software SPSS 16.0 dengan nilai signifikasi (0,564 > 0,05). Hal ini membuktikan bahwa tayangan humor yang diberikan tidak berpengaruh pada stres yang dialami subyek.

Published
2019-12-13