PENERAPAN PELATIHAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN PERILAKU PROKRASTINASI PADA MAHASISWA

  • Alvira Diamond Triccia Universitas Negeri Surabaya
  • Atriska Dewi Kurniasari Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Self management, prokrastinasi, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pelatihan manajemen diri dapat menurunkan perilaku prokrastinasi atau perilaku menunda pekerjaan atau tugas pada mahasiswa. Mahasiswa diharapkan untuk menjadi penggerak kemajuan bangsa. Upaya yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mencapai tujuan sebagai agent of change dan menyambut era revolusi industry adalah dengan meningkatkan kemampuan pengelolaan diri dengan tujuan membuat dan mengetahui tujuan yang hendak dicapai, mengetahui potensi diri melalui kegiatan analisis diri, melakukan perubahan yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan, dan menghindari resiko yang dapat membuat tujuan yang diinginkan tidak tercapai. Diketahui dari beberapa penelitian sebelumnya menunjukan bahwa penerapan pelatihan self management dapat menurunkan prokrastinasi pada siswa. Pelatihan manajemen diri merupakan suatu proses pemberian ketrampilan atau pengetahuan yang terencana dan diselenggarakan secara singkat. Berdasarkan penelitian sebelumnya yakni oleh Mulyadi, Yasdar, & Sulaiman (2017), Abdullah, Thalib, & Munifah (2016), dan Meilindani (2018) tentang penerapan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi siswa. Dari ketiga penelitian tersebut menunjukan bahwa teknik self management dapat diterapkan untuk menurunkan prokrastinasi. Pengaruh pelatihan self management menjadi efektif karena pada dasarnya pelatihan ini memiliki tujuan yang selaras dengan penurunan prokrastinasi akademik.

Published
2019-12-13