PEMBELAJARAN STRATEGIS UNTUK MENYIAPKAN GENERASI ANTIKORUPSI DALAM RANGKA MENYONGSONG ERA BERKELIMPAHAN

  • Siswandari Universitas Sebelas Maret
  • Susilaningsih Universitas Sebelas Maret
  • Binti Muchsini Universitas Sebelas Maret
Keywords: team based learning, flipped learning, pod learning, pendidikan anti korupsi

Abstract

Pembelajaran bermutu pada era apapun termasuk era revolusi industri 4.0 tentu memerlukan komponen yang relatif sama yaitu pendidik yang passion-nya belajar, mendidik dan mengajar, peserta didik yang terus ingin belajar, kurikulum, dan fasilitas pembelajaran yang memadai. Tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran adalah tercapainya nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan yang ditargetkan. Artikel ini membahas pentingnya menumbuhkan nilai-nilai anti korupsi yaitu jujur, tanggungjawab, disiplin dan nilai lain yang dipandang penting oleh guru/dosen dengan maksud agar kelak nilai-nilai itu dapat dipanen. Dengan memanen nilai-nilai tersebut berarti sekitar 25 tahun lagi bangsa Indonesia akan menikmati penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dari tindak korupsi. Sementara itu pendekatan pembelajaran yang dipilih sebenarnya bebas yang penting sesuai dengan topik dan mampu mengantarkan peserta didik untuk terus belajar sepanjang hayat. Team-based learning, flipped learning, pod learning, problem-based learning, online learning atau yang lain tidaklah begitu penting. Yang paling penting dari sebuah proses pendidikan dan pembelajaran adalah tertanamnya nilai-nilai luhur dan berkembangnya potensi peserta didik secara optimal sehingga mereka kelak dapat menjalani hidup dengan benar dan kehadirannya bermanfaat bagi seluruh alam.

Published
2019-12-13