VI-LEARNING SEJARAH PERJUANGAN BANGSA SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN JIWA NASIONALISME GENERASI MUDA

  • Listyaningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Oksiana Jatiningsih Universitas Negeri Surabaya
Keywords: vi learning, sejarah, nasionalisme

Abstract

Bangsa yang besar adalah bangsa tidak pernah melupakan sejarahnya. Pengalaman masa lalu merupakan hal yang penting sebagai bahan refleksi, karena itu dengan mempelajari sejarah bangsa merupakan salah satu cara menumbuhkan jiwa nasionalisme bangsa Indonesia. Dengan memahami sejarah, kecintaan terhadap tanah air dan bangsa Indonesia diharapkan semakin kuat. Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa melalui virtual learning bagi mahasiswa S1 PPKn Unesa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi vi learning sejarah perjuangan bangsa dalam kategori cukup layak. Dalam pembelajaran sejarah perjuangan bangsa melalui Vi-Learning selain disajikan materi dan video, juga dibuka forum diskusi sehingga mahasiswa bisa menuangkan ide dan gagasannya terkait masalah yang diangkat. Materi yang dikembangkan adalah materi sejarah mulai pergerakan nasional bangsa Indonesia masa kebangkitan nasional 20 Mei 1945 hingga kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945. Melalui vi-learning ini mahasiswa akan semakin mengetahui dan memahami bagaimana proses perjuangan yang telah dilakukan rakyat Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan sehingga semakin meningkatkan nasionalisme bagi generasi muda saat ini.

Published
2019-12-13