PENINGKATAN ASERTIVITAS PADA REMAJA MELALUI PELATIHAN

  • Olievia Prabandini Mulyana Universitas Negeri Surabaya
  • Umi Anugerah Izzati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pelatihan, asertivitas, remaja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pelatihan asertivitas dalam meningkatkan kemampuan bersikap asertif pada remaja. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yang berjumlah 50 orang yang terdiri dari 25 orang pada kelompok eksperimen dan 25 orang lainnya pada kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan pre-test. Selanjutnya pada kelompok eksperimen dikenai perlakuan berupa pelatihan asertivitas. Posttest diberikan pada kelompok eksprimen dan kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen mendapatkan pelatihan. Kemampuan asertif diukur dengan menggunakan skala asertivitas. Analisis uji statistik menggunakan anava amatan ulangan. Hasil analisis statistik dengan anava amatan ulangan menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh pelatihan asertivitas terhadap kemampuan bersikap asertif pada remaja, diterima. Kemampuan asertif remaja meningkat setelah diberikan pelatihan asertivitas.

Published
2019-12-13