HUBUNGAN ANTARA PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS DENGAN KOMITMEN PROFESIONAL PADA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Suhermin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Umi Anugerah Izzati Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pemberdayaan Psikologis, Komitmen Profesiobal, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberdayaan psikologis dengan
komitmen profesional pada guru Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian menggunakan
pendekatan kuantitatif. Total keseluruhan jumlah populasi guru yang bekerja di salah satu Sekolah
Menengah Pertama Swasta digunakan sebagai subyek penelitian. Subyek penelitian ini berjumlah 35
orang guru yang terdiri dari guru pria dan wanita dengan tingkat pendidikan minimal S1.
Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan instrumen. Instrumen pada penelitian ini berupa
skala pemberdayaan psikologis dan skala komitmen profesional. Teknik analisa data menggunakan
analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini di peroleh koefisien korelasi sebesar 0,740 (r
= 0,740) dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) yang bermakna bahwa terdapat hubungan antara
pemberdayaan psikologis dengan komitmen professional pada guru Sekolah Menengah Pertama. Hal
ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara pemberdayaan psikologis dan
komitmen profesional. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi pemberdayaan psikologis, maka
akan semakin tinggi pula komitmen profesional pada guru Sekolah Menengah Pertama. Demikian
pula sebaliknya semakin rendah pemberdayaan psikologis, maka akan semakin rendah pula
komitmen profesional pada guru Sekolah Menengah Pertama.

Published
2020-10-05