E-LEARNING MATA KULIAH SUBTITLING PRODI SASTRA INGGRIS

  • Mamik Tri Wedawati Sastra Inggris, Universitas Negeri Surabaya
  • Adam Damanhuri Sastra Inggris, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: e-learning, subtitling, v-learn, vinesa

Abstract

Kelas e-learning adalah salah satu program yang menjadi alternatif suatu bentuk pembelajara di era
teknologi 4.0. Universitas Negeri Surabaya memiliki perhatian besar sebgaai bentuk menyambut
era 4.0 dengan memberikan dukungan besar pada penyelenggaran kelas e-learning pada beragam
mata kuliah yang tersaji pada menu SIAKADU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana proses pembelajaraan subtitling melalui kelas e-learning, bagaimana kualitas materi
kelas e-learning, dan bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap penyelenggaraan kelas e-learning.
Penelitian kualitatif diterapkan melalui diskusi konsep kelas e-learning dan pedoman program
KKNI Jurusan Bahasa dan SastraInggris 2016, Prodi Sastra Inggris. Penelitian ini dilakukan di
Prodi Sastra Inggris kelas subtitling siswa 2016 yang terdiri dari 40 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa usaha dan ragam cara untuk mendorong kelas subtitling sevara e-learning
harus terus ditingkatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik dengan mempertimbangkan
persiapan dan sistem teknis kelas online yang juga masih perlu dikembangkan. Siswa menunjukkan
sikap antusiasme terhadap kelas e-learning karena sebelumnya mereka tidak pernah memiliki kelas
menggunakan vinesa atau v-learn oleh UNESA. Kualitas e-learning telah memenuhi harapan siswa,
namun tetap dengan selalu berkonsentrasi pada rencana organisasi yang baik sangat baik.

Published
2020-10-05