PENEREPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 17 PIDIE

  • Nanda Saputra PGMI, STIT Al-Hilal Sigli
  • Miswar Saputra PAI, IAI Samalanga
Keywords: model, role playing, hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model role playing pada materi
menceritakan kembali isi teks dengan bahasa sendiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas
IV MIN 17 Pidie. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan
subjek penelitian siswa kelas IV MIN 17 Pidie. yang berjumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 26
orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus,
siklus I tanpa menggunakan model role playing dengan perolehan nilai rata-rata 63,95, siklus II
menggunakan model role playing dengan perolehan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi
83,33. Berdasarkan hasil penelitian siklus I siswa tampak kurang berpatisipasi dalam belajar, siklus
III siswa lebih bersemangat, merasa senang serta berani dalam memberi pendapat. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model role playing pada materi
menceritakan kembali isi teks dengan bahasa sendiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas
IV MIN 17 Pidie, jadi model pembelajaran role playing pada materi menceritakan kembali isi teks
dengan bahasa sendiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 17 Pidie.

Published
2020-10-05