GAMBARAN KECENDERUNGAN KEMAMPUAN KERJASAMA AUD DI PPT SEKAR ARUM JAMBANGAN SURABAYA

  • Sumartik PG PAUD, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Fifi Khoirul Fitriyah PG PAUD, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Tatik Muflihah PG PAUD, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Jauharotur Rihlah PG PAUD, FKIP, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Keywords: kemampuan kerjasama, deskriptif, anak

Abstract

Kemampuan bekerjasama mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia.
Manusia adalah makhluk hidup yang selalu melakukan interaksi dengan sesama terlebih di era
revolusi industry 4.0 dan 5.0, kemampuan kerjasama merupakan dasar dalam membangun
hubungan kolaborasi. Stimulasi dari orang tua dan guru sangat dibutuhkan agar kemampuan
kerjasama anak berkembang sesuai dengan tahapan pencapaian perkembangan anak. Tujuan dari
penelitian ini untuk melihat sejauh mana kecenderungan kemampuan kerjasama anak usia 3-4 tahun
di PPT Sekar Arum Jambangan Surabaya. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan
deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan
kecenderungan kemampuan kerjasama anak Usia 3-4 Tahun di PPT Sekar Arum Jambangan
Surabaya tertinggi pada Aspek kemampuan membantu teman yang kesulitan dalam mengerjakan
tugas kelompok dengan rata-rata 96% dan terendah pada Aspek kemampuan menyelesaikan tugas
yang telah dibagi dalam kelompoknya dengan rata-rata 85,55% sehingga Kecenderungan
Kemampuan Kerjasama Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Sekar Arum Jambangan mencapai rata-rata
89,26% (kriteria sangat tinggi). Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya
yang berkaitan dengan kemampuan kerjasama anak usia 3-4 tahun terutama untuk meningkatkan
aspek kemampuan menyelesaikan tugas yang telah dibagi dalam kelompoknya dengan
menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Published
2020-10-05