MENGIMPLEMENTASIKAN ENAM LANGKAH STRATEGIS DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENDIDIK ANAK BERKARAKTER

  • Muhammad Akbar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Hasmiati Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kolaka
Keywords: strategi pembelajaran, anak berkarakter

Abstract

Pendidikan tidak hanya proses mentransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh guru kepada peserta
didiknya namun juga membentuk kepribadian yang baik kepada peserta didiknya. Pada umumnya
masyarakat mulai sadar akan kebutuhan kita terhadap manusia yang bukan hanya cerdas secara
intlektual namun baik secara emosional, punya kepribadian dan karakter yang baik. Para guru sebagai
ujung tombak pendidikan diharapkan bisa memberikan solusi untuk mengatasi hal itu. Salah satu
upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melaksanakan enam langkah strategis. (1) Guru harus
menjadi teladan bagi para siswa, dengan cara menampilkan contoh dan sikap yang baik baik ucapan
maupun perbuatan; (2) Guru sedapat mungkin selalu memberikan penghargaan kepada apa yang
dilakukan oleh siswa. Dalam aktivitas pembelajaran guru selalu memberikan apresiasi terhadap
setiap prestasi siswa, bukan hanya aspek kognitif namun juga aspek yang lain; (3) Menghubungkan
setiap peristiwa dalam aktivitas pembelajaran dengan nilai-nilai moral; (4) Guru harus selalu jujur
dalam berbuat dan berucap (5) Membiasakan siswa melakukan adab dengan baik; (6) Berbagi kisah
inspiratif tentang pengalaman ataupun kisah nyata yang dapat memberikan hikmah untuk berbuat
lebih baik.

Published
2020-10-05