PENGARUH SELF LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA PELATIHAN DASAR CPNS ONLINE BMKG

  • Juniarto Widodo Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG
Keywords: self learning, pelatihan online. refleksi pembelajaran.

Abstract

Peningkatan hasil belajar peserta dalam pelatihan adalah merupakan salah satu bentuk keberhasilan
dalam sebuah pelatihan. Penelitian ini dilakukan Pelatihan Latsar CPNS BMKG yang dilakukan
secara pelatihan online Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana peningkatan hasil
belajar setelah dilakukan self learning. Peningkatan belajar tersebut diukur melalui penerapan
perlakuan self learning sebelum kelas pelatihan diberikan. Berdasarkan hasil belajar peserta,
diperoleh perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah pembelajaran dikelas. Penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan metode statistik sederhana menggunakan Microsoft Excel dengan pendekatan
kuantitatif, dengan obyek penelitian adalah peserta pelatihan Latsar BMKG angkkatan XI dan
Angkatan XV, adapun pada objek penelitian kelas Angkatan XV tidak diterapkan self learning.
Penugasan self learning dirancang dalam bentuk pemberian tugas mandiri melalui modul atau buku,
kemudian diberikan penugasan untuk membuat refleksi pembelajaran dari video pembelajaran studi
kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuisioner melalui google
form melalui pengujian secara kognitif melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian diperoleh dari
data hasil pengolahan data berupa peningkatan nilai yang diperoleh berdasarkan nilai pre-test dan
post-test. Secara signifikan diperoleh hasil penelitian bahwa perlakuan self learning sebelum
pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta, dengan rata-rata peningkatan sebanyak 20
poin lebih tinggi. Dengan penerapan self learning sebelum pembelajaran akan mendorong peserta
untuk mampu memahami isi modul pelatihan sehingga dengan sendirinya peserta akan membaca isi
modul. Hal ini telah berpengaruh langsung terhadap hasil belajar peserta pelatihan.

Published
2020-10-05