PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA ILMU HUKUM PADA ERA MERDEKA BELAJAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan pengembangan kompetensi
mahasiswa hukum pada era merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif
dengan menggunakan studi kepustakaan (studi literatur). Berdasarkan pembahasan bahwa perubahan
dalam kehidupan merupakan sebuah keniscayaan tidak terkecuali perubahan dalam bidang pendidikan
tinggi hukum sebagai bentuk tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan
pengguna. Kebijakan merdeka belajar kampus merdeka pada perguruan tinggi hukum sebagai hal yang
baru memiliki peluang sekaligus tantangan yang perlu dipersiapkan. Peluang tersebut antara lain dapat
meningkatkan kompetensi mahasiswa, khususnya pada aspek keterampilan dan kemahiran hukum.
Magang sebagai bentuk pengejawantahan model triple helix maka peluang kolaborasi, sinergi, sekaligus
kerjasama. Adapun tantangan kebijakan penerapan merdeka belajar dan kampus merdeka berupa
penyiapan kurikulum yang sesuai dengan merdeka belajar serta kesiapan sumber daya manusia.
Kebijakan penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka perlu disikapi dengan positif. Atas peluang dan
tantangan kampus merdeka merdeka belajar, maka Perguruan tinggi hukum perlu menyiapkan beberapa
hal: pertama perlu menyiapkan pedoman teknis kurikulum merdeka belajar berikut dengan sumber daya
manusia secara optimal yang akhirnya kompetensi mahasiswa ilmu hukum dan berkembang.