FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG DAPAT MEMPENGARUHI DISIPLIN KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN

  • Siti Nur Aini Hidayati Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Kintan Cahya Oktaviani Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: disiplin kerja, faktor yang mempengaruhi

Abstract

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki sumber daya manusia dan kinerja yang
bagus. Disiplin kerja merupakan salah satu aspek kinerja yang sangat penting dan harus dimiliki
karyawan sebuah perusahaan. Disiplin kerja adalah sikap menghormati, menghargai, mentaati dan
patuh terhadap peraturan yang ada baik yang tersirat maupun yang tersurat serta sanggup
menjalankan tugas dengan tepat dan bertanggung jawab. Dalam penerapannya, masih ada saja
organisasi atau perusahaan yang memiliki disiplin kerja yang rendah. Karyawan yang memiliki
kedisiplinan tinggi bisa mengemban dan melakukan pekerjaan dengan baik dan semaksimal
mungkin, sehingga tujuan perusahaan akan tercapai dengan optimal. Peneliti melakukan studi
tentang faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan perusahaan
dengan tujuan untuk mengetahui hal-hal yang dapat meningkatkan disiplin kerja karyawan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan dengan memanfaatkan bahanbahan pustaka seperti buku, jurnal, dan karya tulis ilmiah lainnya. Hasil penelitian yang didapatkan
adalah ada tujuh faktor yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan antara lain: kepemimpinan,
pengawasan, penerapan absensi online, budaya organisasi, konsep diri dan efikasi diri, motivasi
kerja, dan kepuasan kerja.

Published
2020-10-05