STUDI LITERATUR MENGENAI PENILAIAN KEBUTUHAN PELATIHAN (TNA) TERHADAP PRODUKTIVITAS KINERJA KARYAWAN DALAM ORGANISASI

  • Alma Abidah Sakaluri Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Hestya Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Penilaian kebutuhan pelatihan, TNA, Pelatihan, Produktivitas kinerja

Abstract

Pelatihan mempunyai pengaruh dalam pengembangan kinerja karyawan terutama produktivitas
kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan tinjauan literature tentang penilaian kebutuhan
pelatihan (Trainning Needs Analysis) pada progam pelatihan untuk meningkatkan produktivitas
kerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature dengan
melakukan telaah pada buku dan jurnal terkait penilaian kebutuhan pelatihan pada produktivitas
kinerja. Data dalam penelitian ini dari 6 jurnal dan 1 buku yang diperoleh dari pencarian di internet.
Data pada jurnal ini dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah penilaian kebutuhan
pelatihan (Trainning Needs Analysis) pada progam pelatihan dapat meningkatkan produktivitas
kerja karyawan. Penilaian kebutuhan pelatihan merupakan tahap awal dalam merancang pelatihan,
apabila proses ini tidak dilakukan dengan baik oleh organisasi maka program pelatihan tidak
memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan organisasi dan tidak akan memberikan keuntungan
bagi organisasi. Penilaian kebutuhan pelatihan merupakan komponen inti dari suatu progam
pelatihan. Dengan melakukan penilaian kebutuhan pelatihan maka pelatihan akan berjalan dengan
efektif dan efisien sehingga hal tersebut mampu meningkatkan produktivitas kinerja. Dengan
meningkatnya produktivitas maka karyawan juga dapat mengembangkan karir serta kemampuan
karyawan.

Published
2020-10-05